Tentang Setia dan Tekun

Ada kisah menarik yang diceritakan Andrie Wongso, motivator terkenal itu. Konon, di Tiongkok pernah hidup seorang panglima perang yang sangat terkenal karena memiliki keahlian memanah yang tiada tandingannya. Suatu hari, sang panglima ingin memperlihatkan keahliannya memanah kepada rakyat banyak. Ia memerintahkan prajurit bawahannya agar menyiapkan papan sasaran serta 100 buah anak panah. Setelah semua disiapkan, sang panglima memasuki lapangan dengan percaya diri yang tinggi. Di hadapan ribuan penonton, sang panglima mulai menarik busur dan melepaskan satu-persatu anak panah itu ke arah sasaran. Hebatnya, seluruh anak panah tertancap tepat pada sasarannya. Rakyat bersorak-sorai “Hebatt!Hebat!!” dan bersuit-suit memuji kehebatan sang panglima. Di tengah hiruk pikuk pujian tersebut, seorang penjual minyak yang sudah tua berteriak keras,” Panglima memang hebat! Tetapi, kepandaian panglima itu hanyalah keahlian yang didapat dari kebiasaan kecil yang dilatih terus-menerus!”

Sontak sang panglima dan penonton terdiam dan memandang ke arah penjual minyak itu. Mereka ingin tahu apa maksud perkataannya. Penjual minyak rikuh. Tak mau disalah mengerti, ia mengambil sebuah koin kuno yang memiliki lubang kecil di tengahnya. Koin itu dia letakkan di atas mulut botol guci yang kosong. Lalu dengan penuh kayakinan, ia ambil gayung berisi minyak dan menuangkannya ke dalam guci melalui lubang kecil di tengah koin tadi. Yang mencengangkan, tak ada setetes minyak yang mengenai permukaan koin itu dan tidak setitik pun yang tumpah. Panglima perang dan penonton kagum neyaksikan kehebatan si penjual minyak. Ketika si panglima menyalaminya, si penjual minyak berkata, “Itulah yang aku maksud ketika aku mengatakan kebiasaan yang diulang terus-menerus akan melahirkan keahlian.”

Tahukah anda bahwa kesetiaan dan ketekunan pun membutuhkan latihan terus-menerus. Mulailah setia dan tekun pada hal-hal kecil dan remeh. Latihan kesetiaan dan ketekunan akan meningkatkan kekuatan anda ketika menghadapi persoalan sebesar apa pun! Cobalah!

Pdt. Albertus Patty

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s