Sengatan di Balik Web Charity Concert (ligthupcharityconcert.com)

“Selalu saja ada yang menarik, yang menawan dan penuh kejutan. Bahwa niat baik akan selalu mendapatkan dukungan. Entah apa pun itu, yang tidak terbayangkan sebelumnya. Langkah kecil untuk masa depan Indonesia ada dan sedang kita kerjakan bersama-sama.”

Sumber: yunitamadea.blogspot.com

Sumber: yunitamadea.blogspot.com

Tahun ini, GKI Maulana Yusuf (GKI MY) akan menggelar konser amal. Tujuannya, mengumpulkan dana bantuan pendidikan untuk anak-anak Indonesia yang tidak mampu membayar biaya studinya, dan  ikut serta memastikan tidak ada anak sekolah yang bunuh diri atau berhenti sekolah hanya karena frustrasi atau malu tidak bisa membayar uang sekolahnya.

Tahun 2012 yang lalu, GKI MY telah memberikan bantuan biaya pendidikan kepada 192 siswa maupun mahasiswa lintas suku dan agama. Program bantuan pendidikan ini sudah berjalan kurang lebih 10 tahun.

Panitia sudah dibentuk dan bekerja sejak Januari lalu. Pelaksanaannya ditetapkan 9 Mei 2013, di Sabuga, ITB, dengan tema: “LIGHT UP!! Our Children’s Future”. Sekali lagi, tujuannya demi memastikan anak-anak negeri ini mengenyam pendidikan dan pemilik masa depan cerah.

Saya tidak begitu memperhatikan sebenarnya. Sejak awal mereka hilir mudik mempersiapkan konser tersebut. Karena saya sibuk mengejar mimpi.

Memasuki Maret akhir kemarin, di suatu malam, kebetulan saya berdiri di depan pos satpam GKI MY. Saya melihat beberapa panitia terlibat pembicaraan, saya pun memberanikan nimbrung. Saya menyaksikan betapa membaranya semangat mereka mempersiapkan konser tersebut. Saya bisa merasakan energi mereka, dari tatapan dan wajahnya.

Melihat semangat mereka, dalam hati, “Ah! Aku pun mesti ikut membantu. Supaya adik-adikku itu bisa bersekolah dan jadi sarjana seperti aku. Apa yang aku bisa bantu?”

Singkatnya, saya menangkap ada kebutuhan publikasi dari obrolan tersebut. Saya pun menawarkan pembuatan web. Kebetulan teman-teman saya piawai mendesain web, dan mereka suka sekali dengan kegiatan-kegiatan sosial. Usulan saya pun diterima.

Tak pake lama, saya kontak dua teman sekerja. Mereka selalu membantu setiap kali ada pembuatan web, meskipun agenda kerja mereka sedang padat. Satu rekan saya Kristen, yang satu lagi sahabat Muslim.

Sebenarnya, saya sedikit sungkan meminta bantuan pada teman saya yang Muslim. Karena kali ini terkait dengan acara gereja. Tapi akhirnya saya memberanikan diri meminta tolong.

Waktu saya menjelaskan tujuan acara dan pembuatan web tersebut, beliau antusias! Siap membantu! Web pun kami bangun. Mulai dari konsep, ilustrasi, dan pemogramannya.

Akhirnya, web pun selesai. Sehari sebelum rilis, saat saya sedang duduk sambil asyik menginput data melalui dashboard web, sahabat Muslim saya itu datang menghampiri. Kami pun terlibat percakapan ringan.

“Sar, itu acaranya kapan sih?”

“Mei, mas. Kenapa?”

“Aku mau beli tiketnya.”

“Lho, ini kan acaranya gereja mas.”

“Iya, gpp. Aku beli tiketnya aja. Kan membantu masa depan orang lain.”

“Ok, mas. Mau yang VIP atau Festival?”

“Yang festival berapa?”

“40.000, mas.”

“Yang festival aja.”

“OK, mas!”

Lalu ia pun kembali menuju ruang kerjanya. Dan saya terdiam sejenak. “Ini orang baik sekali. Dia mau bantuin buat web acara gereja sekaligus beli tiketnya!”

Pikiran saya pun melayang-layang. Mengingat berbagai peristiwa di negara ini; rumah ibadah ditutup, bentrok suku, politikus korup dan sebagainya. Tapi yang saya rasakan hari ini lain. Lewat pemesanan tiket seharga 40.000 itu, sahabat Muslim saya telah menorehkan pesan, mewakili hati sebagian besar masyarakat Indonesia, bahwa; masih ada kerukunan, cinta, kebersamaan, dan harapan di republik ini.

Saya jadi teringat prinsip yang pernah ibu saya katakan, “Kalau niat baik, jangan takut!” Saya menerjemahkannya, niat baik akan didukung banyak orang. Karena memang negeri ini lebih dipenuhi orang-orang baik. Kebetulan saja belakangan pemberitaannya tidak karuan.

Di negara ini masih ada cinta dan harapan. Ada dalam diri kita masing-masing. Terima kasih untuk pesanan tiketmu, mas! SATU TIKET SATU MASA DEPAN ANAK INDONESIA!

Dukung penggalangan dana bantuan pendidikan di sini.

Leave a Reply

