Menimbang Pendamping Hidup Iyok

Percayalah padaku. Iyok bukan laki-laki brengsek. Sayang aku pria. Kalau perempuan, sudah kupacari kau, Yok! Ada wanita yang pernah bilang, “Ngobrol sama Iyok itu asyik banget. Dia orang yang mencerahkan kalau diajakin cerita soal hidup.” Dimataku, lebih dari itu. Iyok tak suka mengumbar janji. Sekali ia mencintaimu, ia akan sungguh-sungguh menyayangimu. Untuk itu, kau perlu membuatnya jatuh cinta.

SIAPA IYOK SEBENARNYA?

iyok1

Dekat Nggak Dekat Sama Tuhan

Perempuan mana yang tak suka dengan pria alim? Apalagi pinter dan asik diajak ngobrol. Tahu lagu K-Pop yang lagi ngehits, film-film terbaru, buku-buku yang berkualitas, dan yang lainnya. Dia, Pirhot Nababan. Tak satu pun pembicaraan kami yang berhenti karena kehabisan ‘tahu’.

Oke, soal kealiman Iyok. Baginya, lebih baik apa adanya dari pada pencitraan. Ia tak bersedia mengumbar kedekatannya dengan Tuhan di  depan umum. Meskipun sedang makan malam bersama seorang wanita, ia tak malu untuk berdoa makan sendiri dengan caranya sendiri pula. Tapi tak menutup kemungkinan ia bisa diajak berdoa bareng sebelum makan.

Kata kuncinya, JANGAN PAKSA IA BERDOA. Baginya, hubungan dengan Tuhan itu soal kesadaran, tanpa perlu seperti menghakimi, “Kamu doa dulu dong sebelum makan.” Lakukan dengan cara yang lebih lembut.

Keras Kepala Tapi Romantisiyok2

Waktu kuliah S1, memang agak lama yah. Tapi intinya, dia lulus, dan udah master hukum lho sekarang, dari UI pula.

Katanya, anak hukum itu nggak mau kalah, suka debat. Iyok, salah satunya. Ia akan mempertahankan opininya terhadap suatu hal. Bahkan ia siap dengan segala referensi yang dimilikinya. Tak sungkan ia mengajak lawan bicaranya untuk menyelesaikannya sampai tuntas.

Oh iya, sebelum lupa. Ia tidak suka dengan perempuan yang tak berpendirian. Jangan sekali-sekali bilang, “Terserah.” Kala ia menanyakan, “Mau nonton di mana?” atau “Mau makan di mana?” DIA BUTUH YANG JELAS BERSIKAP.

Meskipun ia kelihatan keras kepala, tapi siapa sih laki-laki yang tak luluh jika wanita yang dicintainya yang menawar? Eh, sebentar, tapi bukan maksudnya dia akan mengalah begitu saja atas apa yang dia rasa benar. Ia hanya berusaha untuk tidak kaku, belajar menerima cara pandang calon pasangan hidupnya itu.

Oh iya, IYOK NGEFANS BANGET SAMA METALLICA. Jago juga dia maen bass sama gitar. Kapan-kapan minta dia maenin lagu romantis yah, dek.

Udah Pasti Gaul

Mau ngajak Iyok jogging karena lagi tren? Dia oke. Mau ngajak Iyok nonton konser Kahitna? Dia oke. Mau ngajak skypean? Oke juga. Mau pake bahasa lo-gue? Dia udah biasa. Mau pake logat Batak? Dia piawai. Mau romantis-romantisan pakai Bahasa Inggris? Udah makanan hari-hari. Mau ngajak nongkrong di mall, cafe, atau pinggir jalan? Dia tak pernah keberatan.

Suka Diperhatiin Tapi Jangan Kayak di Camp Militer

Siapa sih yang suka diatur? Siapapun pasti senang kalau diperhatiin, apalagi sama pacarnya. Tapi perlu jedah juga yah. Nggak mesti juga kan tanya “Udah makan?”, “Lagi dimana?” setiap jam?

Iyok, nggak suka digituin secara ‘keterlaluan’. Apalagi kalau misalnya dia balesnya lama, trus pacarnya sedikit-sedikit telpon. JANGAN PERLAKUKAN DIA SEPERTI TAHANAN.

Iyok butuh perhatian. Itu jelas. Tapi dalam porsi yang selayaknya. Kalau soal dia perhatian sama cewe, ah! Udahlah! Dia jagonya. Nggak percaya? Coba aja. Tapi pastiin dulu kamu bukan tipe ‘peneror’.

Pemarah yang Diam

Ada cowo yang kalau lagi kesel langsung marah. Kalau Iyok, DIA MARAHNYA DIEM. Dipendam sendiri, sampai akhirnya redah dan dia ngomong baik-baik setelahnya. Jangan takut kalau dia lagi ngambek, diemin aja. Nanti juga ngubungin sendiri.

Nah, kalau kamu cewe yang pengen cepet beres urusannya kalau lagi berantem sama pacar. Iyok kayaknya nggak cocok sama lo.

Pria Antar Jemput Siaga

Macetnya Jakarta. Sepengalaman saya. Setiap kali minta dijemput, Iyok jarang nolak. Paling parah, dia nyuruh nunggu, itu pun kalau kerjaannya lagi padat.

Pernah, IA ANTAR-JEMPUT PACARNYA. Dari ujung ke ujung. Jadi jangan takut kalau soal jemput-menjemput. Cuman, kalau keseringan minta dijemput, hati-hati aja dianggap cewe manja sama Iyok.

Mikirin Masa Depan dari Jauh Hari

Kalau mau serius menuju jenjang pernikahan biasanya cewe menimbang; kerjaan dia apa? Udah punya tabungan? Udah punya rumah? Trus apa plan hidup dia?

Diam-diam, sampai kaget, suatu kali ngobrol sama Iyok. Beberapa dari bagian masa depan sudah disiapkannya.

Tapi tunggu dulu. Dia nggak akan sembarangan mau serius sama cewe. Apalagi cewe yang terlalu kuatir sama masa depan. T’rus tanya-tanya udah punya ini atau nggak. Jangan coba-coba tanya, “Punya apa kamu, Yok?” Bisa-bisa ditinggalin kau dek sama dia.

Buat dia, HIDUP MEMANG MESTI REALITIS, tapi bukan berarti jadi takut besok makan apa atau gimana. Kesusahan hari ini cukuplah hari ini. Besok lain lagi. Tapi bukan tanpa persiapan.

Terakhir, soal cinta. Buatnya cinta itu anugerah. Mengalir, saling mengisi dan bertolong-tolongan. Jadi gimana? Berani deket sama Iyok? Hati-hati nyesel kalau sampai nggak jadi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s