Membangun Asa dari #Belgia

Apapun caraNya! Apapun resikoNya! Muda-muda belia itu harus kita dorong supaya sejak hari-hari ini mereka berani memutuskan lompatan-lompatan yang jauh lebih besar dari apa yang kita lakukan sebelumnya. Ketika yang muda bergerak, berbahaya!

IMG_20150509_122000Saya tidak pernah benar-benar bisa mengerti tentang apa yang saya kerjakan sampai hari ini. Di kepala saya, perjumpaan-perjumpaan serta kesempatan berkolaborasi dengan orang-orang muda telah membuat saya GILA sekaligus sedikit paham tentang apa yang Pramoedya Ananta Toer pernah tuliskan:

Tahu kau mengapa aku sayangi kau lebih dari siapa pun? Karena kau menulis. Suaramu takkan padam ditelan angin, akan abadi, sampai jauh, jauh di kemudian hari.”

Bercampur rasa kuatir, toh tetap saja teman-teman yang selama ini berkecimpung di komunitas media online, FOKAL.info, akhirnya memutuskan untuk tetap menjalankan program pengembangan generasi muda di pelosok Tapanuli, tepatnya di kawasan Balige.

Program kali kedua ini dinamai SITARA TILO ACT. Dengan serangkaian pelatihan; Pengembangan Diri, Public Speaking, Lingkungan Hidup, Pelatihan Penulisan Dasar, Berita dan Opini serta Manajemen dan Pengembangan Media Online.

Mei 2015 yang lalu, kali pertama FOKAL.info menyelenggarakan Pelatihan Penulisan Dasar, Berita dan Opini bekerjasama dengan Asrama Yayasan Soposurung (Yasop), Balige dan SMA Unggul Del, Laguboti. Berlangsung selama tiga hari. Diikuti 98 siswa-siswi dan beberapa guru.

Selama pelatihan disana, teman-teman FOKAL.info melihat betapa besarnya antusiasme sekaligus semangat bahkan potensi tersembunyi anak-anak unggul dari berbagai daerah itu. Para siswa memiliki kesenangan membaca dan menulis, bahkan ada siswa yang sudah mengelola situs berbayar milik pribadi.

Atas dasar itu, malam sebelum kami pulang ke Bandung dan Jakarta, bercakap-cakap sebentar sambil makan malam dengan perwakilan pengurus Yasop Balige, Mekar Sinurat. Dari pengamatan mereka, apa yang sudah kami lakukan, sangat tepat sasaran dan berharap untuk menyelenggarakan rutin setiap tahun. Kami pun sepakat!

Kali kedua ini, sejujurnya, saya sedikit gelisah, “Siapa anak muda yang akan diajak kolaborasi untuk September nanti yah? Harus ditambah nih fasilitatornya, supaya makin paten! Semoga Tuhan tuntun.”

Ternyata, tak perlu menunggu lama! Selain tandem maut (julukan teman-teman) saya, Pirhot Nababan, jurnalis cerdas yang murah hati itu. Ada Sahat Martin Philip, aktivis muda nasional yang juga siap sedia berbagi pengalaman dengan adik-adik di Yasop.

1Kejutan lainnya, sahabat saya, Christian Natalie, dari Greeneration Foundation, siap mendukung dan mengutus Lydia Utami, aktivis lingkungan yang selalu gatel melihat tingkah laku pencemaran sekaligus pengerusakan lingkungan itu ikut berkolaborasi dan menyiapkan rencana aksi #BERSIH #BERSIH DANAU TOBA. Teman baik saya, fasilitator dari Greenpeace Indonesia, juga bersedia membantu. Christi Maria namanya.

Tak habis sampai disitu. Satu lagi, srikandi kreatif, yang blognya ngehits, karena tulisan-tulisannya menarik minat baca banyak orang muda. Caranya mengemas sekaligus menentukan isu menarik, Sandra Clarisa nama bekennya. Panggilan akrabnya, Koy. #EH maaf keceplosan. Siap sedia berbagi hidup dan semangat menulis kepada adik-adik di Balige.

Serangkaian pelatihan kick off 14 September – 18 September 2015. 280 siswa/i asrama Yasop siap menunggu kedatangan orang-orang muda yang hebat itu. Belajar dan bercerita bersama. Membangun asa untuk masa depan Indonesia.

Tentu semuanya membutuhkan doa juga dukungan dari semua teman-teman. Yuk! Sama-sama kita bangun Indonesia, dimulai dari yang belia sejak hari ini.

#EH salah tulis, mestinya bukan #BELGIA. #BALIGE.🙂

3 thoughts on “Membangun Asa dari #Belgia

  1. Hai dek. Aku udah baca! Mantap! Terusin yah nulisnya.🙂
    Aku udah follow blog kamu. Jadi bisa terus dapat pemberitahuan postingan-postingan baru dari blogmu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s